Didirikan tahun 1982, Roslyn Oxley9 Gallery kini telah menjadi salah satu galeri seni terfavorit yang ada di Sydney. Terutama di Soudan Lane, Off Hampden Street. Jika bingung dimana Off Hampden Street, maka wisatawan bisa datang ke pesisir timur Paddington dan menemukan bangunan lama berwarna putih tua dua lantai yang didesain minimalis bertuliskan nama galeri ini. Wisatawan bisa datang setiap hari Selasa hingga Sabtu saja, karena hari Senin dan Minggu galeri ini tutup. Jamnya, dibuka mulai pukul 11.00 hingga pukul 18.00.

Beberapa seniman berasal dari luar Australia (yakni New Zealand dan Jepang) , namun sebagian besar galeri ini memfasilitasi seniman negeri Kangguru. Beberapa nama misalnya Hany Armanious, Michael Parekowhai, Callum Morton, Patricia Piccinini, Wim Delvoye, Patricia Piccinini, dan Bronwyn Oliver. Namun yang sempat menjadi kontroversial hingga membuat galeri ini berurusan dengan polisi adalah Bill Henson dengan karyanya yang dipenuhi foto artistik remaja tanpa pakaian. Kini Bill Henson, Tracey Moffatt dan David Noonan telah maju ke kancah internasional dimana sebelumnya, mereka terlahir dari galeri ini.

Sisi profesionalitas sangat kental ditunjukkan oleh galeri yang menjadi anggota dari Australian Commercial Galleries Association ini. Terbukti dari komitmennya untuk terus mengembangkan bakat-bakat seniman muda dan membawa mereka ke kancah internasional yang akan melambungkan nama mereka secara individu. Program ini didesain melalui penyelenggaraan pameran seni yang diadakan setiap beberapa periode sekali. Tentu saja, banyak seniman berbakat baru yang ingin bergabung, mulai dari seniman beraliran abstrak, naturalis, ekspresionis, dan banyak lagi.

Bukan hanya lukisan, tetapi juga ada seniman pahat dan fotografi. Dan karena Oxley9 Gallery ada di negeri Kangguru, tak heran jika seni aboriginal pun bisa dengan mudah ditemukan disini. Tentu karena koleksinya yang kerap diperbarui, membuat galeri ini menjadi lebih sering dikunjungi oleh Para Kolektor dan Kurator. Tak hanya itu, pamornya juga telag berhasil membuat tempat ini dijadikan sebagai lokasi Sydney Contemporary Arts Festiva.

Jam Buka : 11.00 – 18.00 (Selasa – Sabtu)
Lokasi : 8 Soudan Lane, Off Hampden Street, Sydney Suburbs, New South Wales, 2021
Telp : +61 2 9331 1919


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,