Kalau mendengar kata ‘Sydney’, maka pasti langsung terbayangkan gedung yang satu ini. Siapa yang tidak kenal Sydney Opera House? Ya, gedung yang menjadi icon sydney yang telah mendunia ini memang merupakan bangunan abad ke-20 yang paling terkenal karena keunikannya. Lokasinya terletak di Macquarie Street, tepatnya di Bennelong Point dekat dengan jembatan pelabuhan Sydney dan Royal Botanic Gardens. Didesain oleh arsitek Jørn Utzon, bangunan ini dibuka untuk umum sejak tahun 1973. Tak heran jika Utzon sempat memenangkan Pritzker Prize tahun 2003 atas bakatnya yang luar biasa. Sydney Opera House dibangun diatas lahan seluas 1,8 hektar dengan luas bangunan 183 m x 120m. Eksteriornya dibuat dari inspirasi cangkang kerang dan sengaja diletakkan di atas permukaan air dengan bantuan fondasi beton khusus.

Disinilah seluruh pertunjukan seni biasa digelar dan bisa menjadi pusat pertunjukan tersibuk di dunia karena bisa menampilkan hingga 1500 pertunjukan per tahunnya. Untuk itu, di dalamnya terdapat aula konser (dibagi menjadi aula mayor dan aula minor), teater opera, teater drama, playhouse, studio, ruangan Utzon, Forecourt, hingga ruangan studio rekaman. Podiumnya luas, panggungnya artistik, koridornya sangat unik, tak heran jika pembangunannya menghabiskan dana hingga $102 juta. Beberapa manajemen perusahaan seni yang bergabung disini misalnya The Australian Ballet, Sydney Theatre Company dan Sydney Symphony Orchestra.

Simbol kecantikan sydney ini dimasukkan dalam daftar UNESCO World Heritage Site pada 28 June 2007. Tak heran jika dalam setahun, sekitar 7 juta orang datang berkunjung ke tempat ini. Gedung yang ebrada di bawah manajemen Departemen Kesenian NSW ini, bisa membawa pengunjungnya ke dunia seni yang penuh keajaiban dan menakjubkan. Beberapa kategori pertunjukan yang digelar misalnya balet, opera, teater, drama, tari, musik, komedi, talk show, pertunjukan anak-anak, pertunjukan sulap dan masih banyak lagi. Jika liburan musim panas tiba, tempat ini biasanya menjadi yang wajib yang dikunjungi oleh seluruh keluarga. Bukan hanya tentang seni, tetapi disini juga tersedia beebrapa cafe, bar, dan restaurant.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,