Selesai dibangun pada 1907, Cataract Dam menjadi bendungan yang pertama dan tertua yang ada di Sungai Upper Nepean. Sistem pasokan air ini memiliki ketinggian hingga 56 meter dan berhasil menyimpan persediaan air hingga kapasitas 130 kilometer persegi. Hal itu membentuk hingga 850 hektar danau dengan kapasitas maksimal 94,300 megaliter. Sungai Cataract ini mengalir air dari Appin utara, WIlton di Barat, hingga dari Nepean di dekat Douglas Park.

Bendungan yang masuk sebagai 4 bendungan terbesar seantero Australia ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Terasa jauh dari hiruk-pikuk Sydney dengan perairan yang biru menggenang dan pepohonan hijau di sekelilingnya. Disini terdapat sebuah taman yang bisa digunakan sebagai tempat piknik dengan jumlah meja hingga 30 area BBQ, 40 set meja dan kursi, hingga 3 buah toilet umum yang bersih. Pengunjung akan merasakan berbagai jenis fauna dan flora hidup berdampingan disini.

Secara arsitektur, papan drainasenya memiliki arsitektur yang kuno. Bukan hanya itu, konstruksinya juga masih tampak sama seperti pertama kali dibangun dulu. Terkesan primitif dan klasik. Dinding betonnya dibuat dari batu berpasir monolitikum dikombinasikan dengan kongkrit moderen.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,