Courtesy of parkweb.vic.gov.au

Melbourne merupakan sebuah kota yang mencintai keindahan dan mencegah dunia dari kerusakan, memiliki puluhan area yang luas berisi taman hijau dengan beragam pohon besarnya membuat udara di sekitarnya terasa lebih sejuk. Beragam taman ini mudah di akses salah satunya adalah Birrarrung Park, terletak di pertemuan Sungai Yarra dam memiliki lhan hijau seluas 33 hektar. Nama taman ini memang terdengar sangat etnik dan bukan berasal dari bahasa Inggris, melainkan dari bahasa Woiwurrung dari orang-orang Wurundjeri yang konon merupakan penduduk asli kawasan Melbourne pada zaman dahulu. Arti dari Birrarung itu sendiri adalah sisi sungai berkabut. Taman ini secara garis besar terdiri dari area rerumputan, pepohonan, jogging dan bicycle track serta teater terbuka dan juga playground yang diperuntukkan untuk umum. Taman ini sungguh unik dan artistik sebab didesain memiliki tiga tingkatan teras area pertamanan yang masing-masing tingkatan dari bawah, tengah dan atas ditanami rerumputan yang membuat indah pemandangan taman. Teras bagian bawah adalah yang dekat dari tepian sungai Yarra dan difungsikan sebagai tempat berolahraga atau sekedar berjalan di tepian sungai oleh pengunjung yang terbentang dari Princess Bridge sampai jembatan Swan Street yang terkenal besar dan indah, sedangkan teras tingkatan tengah sering dimanfaatkan untuk tempat berkumpul warga yang mengadakan nonton bersama saat ada beberapa pertunjukan unik dilangsungkan di lokasi ini.

Bagian teras atas ini biasanya digunakan untuk melihat pemandangan sekitar Sungai Yarra dan Birrarung Park yang terlihat indah dari tingkatan atas ini. Selain areal terbuka teras, Birrarung park juga memiliki spot khusus anak-anak yaitu bagian areal Playgroundnya yang dipenuhi berbagai macam jenis permainan. Areal playground ini berisikan jenis mainan anak yang bisa mengasah ketangkasan dan kreativitas mereka dengan beralaskan pasir yang membuat anak-anak betah bermain bersama kawan-kawan barunya disini. Taman dengan nama yang berasal dari masyarakat aborigin ini memang sebuah alternatif menyenangkan untuk berlibur bersama keluarga yang masih mengutamakan sisi natural dan juga menyenangkan buat anak-anak.

Pengunjung bebas datang kapan saja dan berlama – lama di area taman ini serta yang terpenting tidak dipungut biaya. Menikmati indahnya Birrarrung Park, ruang rekreasi yang signifikan dalam taman sepanjang Sungai Yarra yang menggabungkan dua lahan basah membuatnya begitu nyaman dan asik sebagai tempat bersantai. Beberapa peralatan barbecue kayu dengan kayu disediakan juga meja piknik dan tempat penampungan yang tersedia di taman merupakan ajang menarik bagi para koki rumah tangga untuk mencoba memasak olahan barbequenya dan berkumpul bersantap bersama keluarga. Pengunjung pun dipersilakan untuk membawa barbekyu gas kecil sendiri. Blok toilet di Birrarrung Park pun lengkap dan nyaman dapat diakses pula oleh beberapa para penyandang cacat berkursi roda.


Jam buka : setiap hari, 06.00-19.00
Lokasi : Templestowe Rd, Bulleen, Victoria, 3105
Email: info@parks.vic.gov.au


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,