Courtesy of visitnsw.com

Courtesy of visitnsw.com

Merupakan salah satu tempat bersembunyi paling aman dari hiruk pikuk kota ramai yang memekakkan telinga, Chaelundi National Park merupakan kawasan hutan hijau luas yang menawarkan sebuah permata tersembunyi liar. Pengunjung bisa menjelajah seluruh kawasan hutan hujannya menggunakan 4WD dan menghabiskan akhir pekan dengan memancing. Nikmati juga penjelajahan menyenangkan dengan bersepeda dan berjalan di jalanan zig-zag melintasi pemandangan sungainya yang indah. Di hutan hujan yang luas ini tentunya pengunjung bisa menemukan suasana segar udara saat pengunjung berjalan mendekati air terjun. Pada sore hari, pengunjung juga bisa memilih untuk berkemah di daerahnya yang luas dan memberikan tempat yang sempurna untuk memanggang sosis di alat panggang yang disediakan sambil mendengarkan gemericik aliran sungai. Pengunjung tentu tak akan merasa sendirian di hutan ini karena pengunjung juga akan mendengar suara gema dari satwa liar yang membuat pengunjung penasaran untuk melanjutkan eksplorasi. Beberapa suara yang ramai pengunjung dengar biasanya adalah suara katak, walabi batu, burung hantu dan koala yang menambah keberagaman hutan ini. Taman juga mencakup kegunaan penting bagi masyarakat masa lalu, saat menjelajah pengunjung juga mungkin menemukan artefak yang tersebar memetakan ridgelines sebagai rute perjalanan tradisional masyarakat Aborigin setempat. Bagi mereka yang ingin menjelajahi seluruh bagian hutannya, Chaelundi National Park menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Lahan kemah yang tersedia di tempat ini adalah Doon Goonge Campground yang menawarkan kedamaian dan pengalaman terpencil riverside. Pengunjung bisa bersantai dan menikmati ketenangan aliran tepi sungai atau berangkat menyusuri alam ke Chaelundi Wilderness Area. Ada banyak situs yang tersedia untuk kemping trailer atau tenda di taman nasional ini. Perkemahan juga tersebar di flat di bagian utara Chandlers Creek, yang menyediakan ruang yang sempurna untuk kendaraan berbasis low-key saat berkemah. Dari sini, pengunjung bisa memancing santai dari tepi sungai atau memilih menjelajahi padang semak. Lingkungan hutan yang beragam dan kawasan ini juga menjadi bagian tua untuk pertumbuhan substansial yang membuat daerah Chaelundi Taman Nasional memiliki ekologis yang unik. Menjadi tempat berlindung bagi 18 spesies hewan terancam, termasuk walabi batu, katak gagap dan honeyeater.

Chaelundi National Park terletak di dalam wilayah masyarakat Gumbaynggirr Aborigin dengan banyak ridgelines dalam taman dan dianggap memiliki nilai budaya yang tinggi dengan hubungannya pada orang-orang Aborigin setempat. Pekerjaan survey warisan budaya Aborigin bisa pengunjung temukan dalam coretan di kulit pohon juga di berbagai tempat perkemahan terbuka yang mencerai-beraikan artefak dan menunggu pengunjung untuk ditemukan. Kawasan taman pernah pula menjadi tempat pertambangan emas dan pada tahun 1872, ada lebih dari 500 orang yang tinggal di Dalmorton dengan para penambang emas yang bekerja di daerah. Bukti sejarah pertambangan emas ini termasuk poros tambang vertikal dan horizontal dari beberapa tambang emas yang ditinggalkan. Pertambangan akhirnya berhenti pada tahun 1930-an.


Telp : (02) 6657 2309
Fax : (02) 6657 2145
Email : Dorrigo.RainforestCentre@environment.nsw.gov.au
Lokasi : Dorrigo Rainforest Centre, Dome Road, Dorrigo NSW
Postal address: PO Box 170, Dorrigo NSW 2453


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,