Courtesy of atn.com.au

Berjalan – jalan di daerah hutan sejuk merupakan pilihan menarik yang bisa di lakukan di akhir pekan. Ada sebuah kawasan hutan unik di Calder Hwy, Nort Keilor, Victoria, hutan ini memiliki semacam tebing yang tinggi dengan batuan berbentuk kolom seperti sedotan yang besar dan dinamakan The Organ Pipes, satu set kolom basal yang dibentuk oleh pendinginan dan retakan lava cair, adalah fitur yang paling terkenal dari Organ Pipes National Park. Di hutan yang juga merupakan taman nasional yang dilindungi ini pengunjung dapat menikmati piknik di alam terbuka dengan meja yang disediakan pihak taman, namun area piknik di lokasi ini tidak menyediakan alat barbeque sehingga pengunjung dapat memilih membawa panggangan barbeque dari rumah atau membawa masakan siap makan dari  lokasi sebelum pengunjung singgah di taman ini. Berjalan – jalan di sekitar area hutan merupakan aktivitas yang menyenangkan, melihat ornamen unik dari bongkahan batu yang berasal dari lava yang meleleh menjadi pengalaman menarik yang jarang ditemukan di belahan dunia manapun. Menggambil gambar di sekitar hutan dengan lanskap area hijau menjadi aktivitas paling populer bahkan beberapa seniman sengaja datang bersama kanvas dan cat airnya untuk melukis pemandangan menarik yang ada di sekitarnya. Kunjungilah area hutan lindung ini saat musim semi maka pemandangan yang akan pengunjung dapatkan akan jauh lebih indah dan menarik saat melihat puluhan pohon pial bersemi.

Tak hanya fotografi yang menarik di kawasan hutan ini namun memandangi puluhan burung dengan varietas berbda pun dapat di temukan di lahan basah yang sedikit cukup jauh dari pintu masuk utama. Berdiri pada platform dan memperhatikan Plains Keilor basalt di sekitar pengunjung adalah bagian dari salah satu atraksi alam menarik yang mengagumkan dimana kawasan hutan ini masuk dalam area aliran lava terbesar di dunia. Berjalan menyusuri jalan untuk melihat Organ Pipes satu set kolom basal yang dibentuk oleh lava. Pengunjung juga dapat mengeksplorasi alam dengan mencari batu pasir kekuningan dan mudstones di seberang sungai sejauh 200 meter di hilir dari Organ Pipes. Dalam batuan pasir kuning ini pengunjung dapat menemukan fosil dalam batuan. Dari sinilah para peneliti menyimpulkan bahwa batuan yang menyusun area sekitar hutan merupakan batuan sedimen yang menurut sejarah dulunya area ini berada di bawah laut sekitar 400 juta tahun yang lalu.

Berjalan di hulu sungai sekitar 400 meter melewati Organ Pipes dan melihat Rosette Batu – array radial kolom basal yang seperti jari-jari roda juga menjadi hal unik, pegunjung juga bisa melihat  Pavement tessellated, bagian atas kolom basal jika mau menaiki terbing dengan mengitarinya menuju keatas namun jalannya cukup terjal dan jauh.


Lokasi : Calder Hwy, Nort Keilor, Victoria, 3036
Email: info@parks.vic.gov.au


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,