Courtesy of portphillip.vic.gov.a

Daerah berair selalu menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh sebagian besar orang terutama pada akhir pekan, bersantai memandang aliran sungai, danau maupun birunya air laut akan membuat perasaan sedikit terhibur dan merasakan kebahagiaan tersendiri. Dan tahukah pengunjung kota Melbourne bahwa di sebuah pelabuhan yang berlokasi di kawasan Esplanade, Port Melbourne, Victoria terdapat pemandangan juga pantai yang indah untuk dikunjungi. Dengan lahan seluas 1.950 kilometer persegi, Port Phillip menjadi salah satu pintu masuk ke pelabuhan tersibuk di Australia dan merupakan salah satu tujuan rekreasi paling populer Victoria. Meskipun Port Phillip sering disebut sebagai ‘Bay’ atau ‘Port Phillip Bay’, yang artinya adalah teluk namun sebenarnya kawasan disekitar pelabuhan ini bukanlah teluk hanya dataran rata yang langsung berbatasan dengan air. Setiap tahunnya lebih dari jutaan orang menikmati garis pantainya yang indah dan bersenang – senang diatas pantai dengan pasirnya yang lembut. Pantai ini pun aman untuk digunakan sebagai lokasi berenang bersama keluarga selain karena ombaknya yang tenang pantai ini memiliki area yang bersih termasuk airnya yang belum tercemar limbah. Pilihan menarik untk menikmati hari indah pengunjung di lokasi wisata ini adalah dengan menjelajah lautnya menggunakan perahu dan melihat beberapa burung pantai singgah untuk beristirahat ditepian pantai yang jarang dikunjungi orang.

Saat menjelajah pelabuhan ini menggunakan perahu pengunjung juga bisa melihat puluhan kapal yang sedang bersandar menunggu muatan. Kembali ke area pantai yang tak jauh dari pelabuhan, pantai cantik ini pun sering didatangi oleh wisatawan mancanegara mereka menyukai pemandangan lepas pantai yang dapat dinikmati denagn menyusuri jembatan kayu yang panjangnya mencapai satu kilometer. Jika sore datang berdiri di jembatan ini akan lebih mengasikkan, mengambil potret dengan lanskap pantai juga matahari berwarna kemerahan selalumenjadi hal favorit. Angin lembutnya pun akan menerpa wajah pengunjung sekaligus membelai lembut helai – helai rambut.

Karena terkenal dengan kebersihannya maka pantai disamping pelabuhan Port Phillip ini menjadi lokasi terbaik untuk menyelam atau scuba diving, para penyelam akan terpesona melihat pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Menyaksikan karang – karang yang indah tertutup anemon laut juga ikan – ikan berenang bebas dilautan akan menjadi pengalaman menarik yang tak terlupakan. Pengunjung juga dapat memancing mengguanakan pancing yang sengaja pengunjung bawa dari rmah atau menyewa di beberapa tempat penyewaan alat pancing, karena lokasinya berada dipantai yang ramai dikunjungi orang maka ikan hanya ada di tengah laut yang agak jauh dengan pantai, untuk menuju kesana pengunjung dapat menggunakan perahu sewaan. Hal yang sangat isrtimewa dari pantai ini adalah karena walaupun lebih dari 3,2 juta orang tinggal di sekitar pantai namun penelitian menunjukkan bahwa Port Phillip adalah  kawasan dengan ekosistem yang dinamis dan mampu mempertahankan diri menjadi lingkungan yang selalu sehat dan bersih dibanding kota-kota besar lainnya.


Jam buka : terbuka sepanjang hari
Lokasi : Esplanade, Port Melbourne, Victoria, 3207


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,