Courtesy of visitnsw.com

Courtesy of visitnsw.com

Pengunjung bisa menemukan banyak kawanan burung jika berkunjung ke salah satu habitat mereka yaitu kawasan lahan basah, Fivebough Wetlands hanya dua kilometer sebelah timur dari Leeton di wilayah Riverina New South Wales. Lahan basah ini memiliki memanjang lima kilometer dari jalan setapaknya dan tiga kilometer dari jalan dengan banyak gundukan yang mungkin pengunjung temukan di ujung lahannya. Tempat ini menjadi tempat menarik bagi persembunyian burung yang ditempatkan di sepanjang jalan untuk memberikan kemudahan observasi bagi para pengamat burung. Lahan basah menjadi habitat dengan kualitas luar biasa untuk burung air, khususnya para penyeberang. Sekitar 174 spesies yang berbeda dari burung telah diamati di Fivebough sampai saat ini. Lahan Basah ini terletak jantung di Area Murrumbidgee Irigasi, di timur dari Leeton NSW Australia dan telah ditunjuk sebagai situs ramsar utama karena keragaman dan kelimpahan burung air, dan kehadiran spesies terancam di sekitar lahannya. Fivebough Wetland juga memiliki akses jalan yang mudah untuk dijangkau bagi pengunjung.

Sejarah pembangunan area ini dimulai sejak Leeton Shire Council mempertimbangkan proposal pengembangan bagian timur Fivebough rawa sebagai danau rekreasi dan proposal masih diproses sejak tahun 1993 hingga tahun 1997. Orang – orang di daerah Murrami, Wamoon, dan kelompok Corbie Hill Landcare menentang pengembangan dan bergabung dengan Murrumbidgee Field Naturalists pada tahun 1995 dalam menentang pembangunan sebuah danau rekreasi. Hingga akhirnya Leeton Shire Council sepakat untuk mengesampingkan proposal pada awal 1997. Konservasi dimulai pada tanggal 1 September 1997 hingga sebuah organisasi masyarakat non-profit didirikan dan area ini diresmikan sebagai Fivebough dan Tuckerbil Wetlands Trust. Tujuan manajemen utama dari Fivebough Wetlands adalah untuk pendidikan dan ekowisata. Sebagai komponen penting dari tujuan ini, Trust terus mengembangkan fasilitas untuk membantu akses publik menjangkau lahan basah Fivebough. Pengunjung bisa berjalan di track utama dalam koridor berpagar yang memberikan jarak nyaman untuk pengunjung berinteraksi dengan banyak burung yang ada juga meminimalkan gangguan terhadap burung. Beberapa daerah manajemen, tidak semua, secara strategis berdampingan dengan ternak. Area berumput digunakan sebagai alat pengelolaan konservasi untuk menyediakan habitat bagi burung air. Daerah lahan basah permanen ini terbuka untuk kunjungan setiap hari.

Di bagian utara lahan basahnya ada lahan lain yang dikelola khusus terutama untuk pelestarian burung air, dan akses dengan izin saja. Sebagian besar lahan khusus ini dapat diamati dari situs pengamatan pengunjung yang ada dalam bingkai foto di museumnya. Sepeda motor dan hewan peliharaan domestik, yaitu kucing dan anjing, dilarang untuk di bawa ke tempat ini. Tak hanya melihat burung pengunjung juga bisa berkunjung ke Budyaan Baamirra Centre yang dibangun pada bulan Agustus 2001, dengan desain arsitek Simon Lloyd, dan insinyur Glen Saddler. Pusat ini dirancang untuk menampilkan banyak variasi sayap burung. Budyaan Baamirra adalah bahasa Wiradjuri untuk ‘burung di rawa’. Mural di dinding Centre telah dilukis oleh seniman lokal Wiradjuri William Ingram.


Lokasi : Petersham Road n Carpark, Leeton, New South Wales, 2705
Email: trust@fivebough.org.au
Telp : 61 02 6953 6481


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,