Courtesy of visitnsw.com

Courtesy of visitnsw.com

Terselip di lahan pertanian yang tenang, The Rock Nature Reserve adalah surga kecil tapi menyimpan beragam geologi yang luar biasa. Di kawasan ini pengunjung bisa menemukan The Rock Hill yang melonjak setinggi 364 meter di atas dataran. Hanya di area ini pula pengunjung bisa melakukan beragam kegiatan menyenangkan, pengunjung bisa datang bersama keluarga dan menikmati piknik santai, atau jika pengunjung merupakan seorang adventurir avid maka pengunjung bisa mencoba untuk panjat tebing dengan teman-teman. Para hikers juga bisa menemukan jalanan dengan track yang tak terlalu panjang namun menantang untuk didaki dan menghadiahkan pemandangan besar di garis finish yang akan membuat pengunjung menghargai kawasan konservasi ini. Posisi biofisik yang unik dari The Rock Nature Reserve membuat lahannya dihuni oleh banyak hewan asli Australia yang menjadikan tempat ini sebagai habitat yang bervariasi, di dalamnya penuh dengan segala fauna seperti burung beo pirus hingga walabi rawa. Pengunjung tentu harus membawa kamera dan teropong untuk memudahkan pengunjung melihat kawanan burung atau koala. Fasilitas yang ditawarkan di sekitar area reservasi ini mencakup pula meja piknik, tempat tinggal, barbecue, air, dan toilet. The Rock Nature Reserve juga menjadi tempat dimana pengunjung dengan mudah mempelajari sisa sejarah Kengal Aborigin Place yang membuatnya menjadi pilihan area wisata menarik di ujung jalan dari Wagga Wagga. Pada hari yang cerah di atas dataran tinggi ini pengunjung bahkan dapat melihat sejauh Gunung Kosciuszko dan Alpen Victoria.

The Rock Nature Reserve berlokasi di kawasan Tootool, Lockhart Road, The Rock, New South Wales. Para pengunjungnya suka menikmati tantangan panjat tebing lalu melanjutkan istirahat dengan piknik santai di bawah naungan kanopi pepohonan rindangnya. Area ini diresmikan sebagai cagar alam sejak tahun 2005 dan mengakui kehadiran budaya Wiradjuri yang membentang di sekitar area hutannya. The Rock juga dikenal sebagai Kengal yang berarti ‘miring bukit’, tempat bermimpi, mencari yang juga merupakan situs upacara untuk rakyat Wiradjuri dan keturunan mereka. Tempat ini juga pernah digunakan untuk ritual inisiasi , pengetahuan tradisional mengatakan bahwa Kengal diciptakan oleh Baiame, pencipta yang juga mengajarkan orang Wiradjuri bagaimana membuat api dan tombak. Ketika pemukim tiba di daerah, Baiame meninggalkan teman pria dan wanitanya (Mirrigan) yang terbaring dan selalu menunggu Baiame untuk kembali hingga mereka membentuk The Rock.

Dari bangsa pendatang, Charles Sturt pertama kali melihat The Rock pada tahun 1829, mereka menyebut fitur geologi yang luar biasa ini dengan nama ‘The Rock Hanging’ karena adanya overhang di timur area bebatuannya. Batuan besar di daerah pertama kali runtuh pada tahun 1874. Cagar alam ini duduk di perbatasan antara dua daerah biofisik utama yaitu Riverine Plains dan lereng barat pegunungan timur. Kombinasi geografis ini memberikan daerah keragaman hebat untuk lanskap hutan dan habitat hewan yang beragam.


Lokasi : Tootool, Lockhart Road, The Rock, New South Wales, 2655
Email: mail@lockhart.nsw.gov.au
Telp : 61 02 6920 5305
Faks : 61 02 6920 5247


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,