Courtesy of visitnsw.com

Courtesy of visitnsw.com

Pengunjung bisa menemukan banyak sisa bangunan sejarah yang tersebar luas di New South Wales dan salah satunya adalah Wing Hing Long, tempat ini berlokasi Tingha yang tempatnya juga berada cukup jauh dari China Town. Toko kecil ini telah berubah menjadi museum untuk meningkatkan kesadaran kontribusi Cina yang juga pernah memberi peran penting bagi masyarakat pedesaan New South Wales. Wing Hing Long didirikan pada akhir abad kesembilan belas sebagai salah satu dari sejumlah toko yang melayani masyarakat penambangan timah di distrik Tingha. Tempat ini mejadi toko umum khas di mana pengunjung bisa membeli apa saja. Selama puncak booming pertambangan antara tahun 1880 dan 1920 sebuah komunitas besar penambang China didirikan sendiri di kabupaten. Komunitas ini mencari barang-barang Cina, jasa dan pembantu. Pada tahun 1881, situs di mana Wing Hing Long terletak dibeli oleh pemilik toko Inverell Ah Lin untuk mendirikan toko umum yang melayani masyarakat penambangan timah distrik Tingha. Saat pengunjung melangkah ke toko ini, pengunjung tentu bisa menikmati perjalanan yang menghubungkan masa lalu, sekarang dan masa depan. Dalam ruangannya pengunjung akan menemukan beragam barang yang dulu sering dibutuhkan oleh masyarakat penambang timah seperti bahan bangunan, perlengkapan dan menyelami pentingnya keragaman kontribusi yang diberikan oleh Cina pada Australia dalam perdagangan pedesaan dan kehidupan Wing Hing Long di Ruby Street, Tingha, utara New South Wales.

Wing Hing Long didirikan pada akhir abad kesembilan belas, Tin pertama kali menemukan tempat ini pada awal tahun 1870-an dan melihat ledakan populasi dan produktivitas yang mencapai puncaknya pada akhir abad kesembilan belas namun usaha tokonta perlahan-lahan menurun sebagai akibat dari booming pertambangan yang bangkrut. Sebuah iklan di edisi 1900 dari Inverell Times, menggambarkan layanan yang ditawarkan oleh Wing Hing Long dengan berita toko murah dari Tingha. Dulu toko ini juga menjual bahan makanan, kain, besi, tembakau, pipa dan segala sesuatu yang membuat toko ini menjadi sekelas toserba (toko serba ada).

Pengunjung bisa menemukan toko yang kini dijadikan museum ini di 10 Ruby Street, Tingha, New South Wales, 2369. Dulunya tempat ini tentu merupakan lokasi yang cukup sibuk dengan banyaknya pengunjung. Bangunan hadir dengan dinding kayu dan atap besi yang menunjukkan bahwa kota ini cukup modern di jamannya dan memiliki peradaban baru dengan banyak bangunan yang dibangun dengan struktur yang lebih permanen. Tempat ini adalah sebuah toko dengan bisnis yang sehat dan prospek yang baik untuk masa depan. Pada tahun 1918, Jack Joe Lowe menjadi pemilik toko, ia lahir di Cina pada tahun 1882, ia mendarat di Cooktown sekitar tahun 1900, dan menghabiskan waktu di Sydney dan Gunnedah sebelum tiba, bersama istri dan putra sulung, di Tingha sekitar tahun 1915. Tak ada sumber jelas yang mengetaan siapa pemilik dan pendiri pertama tempat ini tetapi bahan bangunan dan gaya menunjukkan bahwa tempat dibangun beberapa waktu selama tahun 1880-an.

Lokasi : 10 Ruby Street, Tingha, New South Wales, 2369
Telp : (02) 6723 3156


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,