Berbelanja menjadi event mengasikkan bagi sebagian besar orang, beberapa diantaranya ada yang memilih untk belanja di pasar tradisional ada pula yang memilih untuk berbelanja di supermarket. Pusat kota Melbourne menyediakan keduanya baik pasar tradisional maupun supermarket bear hingga mall. Namun sepertinya mengunjungi mall sudah menjadi hal yang tak asing lagi, maka pengunjung dapat mencoba alternatif kedua yaitu pasar tradisional yang berlokasi di kawasan Clow and Cleeland Street. Terkenal dengan nama The Dandenong Market, pasar ini terletak di jantung Dandenong dan menjadi salah satu warisan budaya kehidupan masyarakat Victoria. Pasar ini pertama kali berdiri pada tahun 1866 dan menjadikannya pasar tertua di Victoria. Dari luar pasar ini terlihat seperti swalayan yang menyajikan dagangan dalam ruang tertutup dan barang – barangnya terbungkus seperti halnya supermarket tanpa lapak juga penjual. Namun setelah melangkahkan kaki melewati pintu masuk maka pengunjung dapat menyaksikan puluhan lapak yang dipenuhi barang dagangan juga para penjual yang berparas tak seragam dan berasal dari berbagai etnis. Sejak pertama kali berdiri hingga sekarang pasar ini telah mengalami beberapa kali pembaharuan hingga menghabiskan dana mencapai 26 juta dollar. Pasar ini tertata rapi dengan liku – liku jalan yang luas untuk dilewati, setiap lapaknya menjual beragam barang tak hanya makanan bahkan barang properti dan hiasan interior ruangan pun dijual di pasar ini.

Pengunjung dapat dengan mudah menemukan pedagang yang menjualproduk – produk segar seperti  daging baik daging sapi, daging kambing hingga daging kelinci. Daging yang dijual dipasar ini bebas dari penyakit juga higienis, tak hanya itu beragam panganan mulai dari makanan instan hingga jajanan ringan pun terbungkus rapi dalam plastik – plastik berukuran segar. Di sebuah lobi panjang terdapat orang – orang yang khusus menjual buah – buahan juga sayuran segar. Pasar ini selalu menarik perhatian pengunjung dan selalu ramai setiap harinya . Kelengkapannya pun mencakup toko yang menjual beragam  tanaman hias beserta pupuknya juga toko perhiasan yang sering diserbu oleh para dara cantik. Jika pengunjung membutuhkan perlengkapan rumah maka pasar ini sudah menjadi tujuan yang tepat untuk dikunjungi, mendapatkan peralatan rumah tangga juga mainan dan pakaian dengan harga murah tapi berkualitas.

Beragam barang yang dijual tak hanya produk lokal untuk properi rumah juga pakaian dan mainan kebanyakan diimpor dari Afghanistan, Iran, Turki, Brasil, Cina dan Malaysia. Datanglah ke Dandenong Market dan nikmati sensasi berbelanja yang menyenangkan saat tawar menawar dengan penjual juga mencium aroma daging segar maupun bau masakan dari kejauhan saat pengunjung sibuk mencari perlengkapan sehari – hari. Hal yang ditunggu adalah saat siang telah tiba dan pengunjung merasa lelah, beberapa restaurant yang berada di area pasar ini menjadi tempat terbaik untuk bersantai sekaligus menikmati wisata kuliner dan memilih hidangan – hidangan unik yang namanya bahkan belum pengunjung dengar sebelumnya.


Jam buka : Selasa, jumat, sabtu pukul 07.00-17.00
Lokasi : Clow and Cleeland Street, Dandenong, Victoria, 3175
Telp   : 61 03 9701 3850


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,