Courtesy of visitnsw.com

Courtesy of visitnsw.com

Pantai tentu menjadi lokasi liburan menyenangkan yang bisa pengunjung singgahi sepanjang liburan musim panas, pilihan tempat yang bisa masuk dalam daftar wisata pantai pengunjung kali ini adalah Dixon Beach. Pantai ini menjadi lokasi tujuan favorit untuk berenang bagi warga lokal juga warga luar daerah, memiliki Lifeguard yang diberikan layanan mulai hari senin sampai sabtu juga selama musim berenang dan relawan anggota Dixon Surf Lifesaving Club menyediakan patroli pantai pada hari Minggu selama musim renang. Tak hanya pantai pengunjung juga bisa menemukan area meja piknik terlindung dan fasilitas kamar yang tersedia untuk menginap bersama keluarga maupun pasangan. Kenyamanan tambahan juga hadir dengan adanya fasilitas barbekyu listrik gratis yang tak jauh dari meja piknik yang tersedia di area taman. Pantai ini merupakan salah satu lokasi wisata pantai paling populer di Newcastle, pantai ini memiliki area berpasir yang memanjang hingga 1,3 km menuju bagian tenggara menghadap pantai yang menjadi host bagi tiga klub surfing. Pantai ini berbatasan dengan Bar Rocks di utara dan Merewether Rock serta kolam renang batu di selatan.

Klub-klub surfing membagi pantai menjadi tiga bagian. Di utara adalah Beach Bar yang dipatroli oleh Cooks Hill slsc dengan surfing center yang duduk di lereng yang menghadap ke pantai dan didukung oleh Memorial Drive dan taman berbentuk oval. Ada pula Dixon Beach yang menempati pusat pantai ini dengan Dixon slsc yang terletak hanya 20 m di lereng tinggi dan didukung oleh Dixon dengan beach house untuk kedua sisi. Sedangkan pantai yang ketiga adalah Merewether Beach yang meluas ke selatan hingga 1,5 km dengan bagian berbatu panjang dan The Merewether slsc terletak di ujung selatan di dasar lereng, dengan rumah-rumah di belakang bagiannya. Seluruh pantai ini dikelilingi oleh bangunan lama khas pinggiran kota Newcastle dan memiliki jalan yang baik dengan akses bus. Pantai ini juga memiliki taman mobil caravan yang berdekatan dengan tiga klub surfing.

Pengunjung tak hanya bisa berenang santai di tengah laut atau tepi pantainya, pengunjung juga bisa mengajari anak – anak untuk berenang di dua kolam batu yang terletak di platform batu di Merewether. Klub-klub surfing di tempat ini dibentuk pada tahun 1911, 1932 dan 1910 yang masing-masing membuktikan popularitas mereka dengan menunjukkan beragam atraksi penyelamatan. Pernah terjadi sebuah serangan hiu di pantai Merewether pada tahun 1907 hingga mempercepat pembentukan patroli berselancar pada tahun 1908 karena karnaval surfing pertama karnaval di daerah diadakan di pantai pada bulan Maret tahun itu.  Seluruh pantai menerima gelombang rata-rata 1,6 m dan dibatasi oleh 50 m tebing tinggi fronted oleh platform batu lebar. Pantai dengan banyak batuan di tempat ini mejadi pilihan lokasi berselancar yang baik dan ada di kedua ujung dan di tempat-tempat khusu berbatu lain sepanjang pantai.


Lokasi : Ocean Street, Merewether, New South Wales, 2291
Telp : 61 02 4974 5000


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,