Norah Head Lighthouse 2Pantai menjadi lokasi wisata ramai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan Australia, pengunjung bisa singgah di pantai indah Norah Head dan menemukan sebuah bangunan  bersejarah berwarna putih yang menjulang tinggi. Norah Head Lighthouse, merupakan menara cahaya yang dibangun sepanjang tahun 1901 hingga tahun 1903. Bertengger di Tanjung, mercusuar ini menghadirkan kenampakan indah dengan pemandangan laut yang luar biasa dan merupakan Coast Central ikon paling spektakuler di kawasan New South Wales. Sebuah track berjalan tersedia disekitar sisi mercusuar dan mengarah ke tangga menuju platform batu yang akan mengantarkan pengunjung menuju Lighthouse Beach. Norah Head Lighthouse merayakan Centenary pada tanggal 15 November 2003. Terlepas dari elektrifikasi cahaya, beberapa perubahan telah dibuat sejak mercusuar ini didirikan. Bangunan lain yang terdapat di Tanjung tak hanya mercusuar ada pula Flag Locker, Head Keepers Quarters dan rumah pertama bagi asisten lightkeeper. Di sekitar mercusuar ini pengunjung bisa menemukan cottage yang tersedia untuk menyewa akomodasi wisata. Tours untuk melihat keindahan mercusuar ini tersedia sejak pukul 10:00 hingga 01:00 dini hari selama tujuh hari seminggu. Dikenakan pula biaya untuk wisatawan yang ingin masuk ke dalam mercusuar.

Menara ini memiliki tinggi hingga 27m dengan 96 tangga yang akan mengantarkan pengunjung menuju ke puncaknya. Tangga yang tersedia terdiri dari 4 tahap dengan 3 tahap pertama adalah kelas yang aman dan tahap terakhir sedikit curam dan sempit. Bangunan ini terbuat dari blok beton pra-cetak yang dibuat kawasan dan agregat lokal. Lantainya dihiasi dengan ubin dan ada balkon bluestone serta pagar gunmetal. Akhir abad ke-17 desain optik prisma Frenel untuk cahaya di atas menaranya memiliki 700 lensa. Setiap sisi prisma lensa bi-konkaf berkonsentrasi pada sumber cahaya hingga menghasilkan sinar tunggal dengan intensitas besar. Sebuah tabung pusat dan counterweights juga bisa pengunjung temukan, sumber listrik yang digunakan beradal dari motor listrik. Di lantai dasar ada lorong untuk masuk, di dalamya ada pula dua kamar dengan satu ruangan  untuk ruang laporan dan ruang radio di mana penjaga cahaya bertugas melakukan pekerjaan administrasi mereka, menyimpan catatan dan mengisi buku harian dengan kegiatan sehari-hari mereka juga laporan cuaca. Norah Head adalah stasiun induk menuju Montague Island (di selatan) dan Pulau Solitary (di Utara).

Ruang kedua sekarang digunakan sebagai generator dan kontrol listrik. Kamar ini memiliki sebuah tangki bahan bakar dengan bahan bakar diesel powered generator yang secara otomatis menyala pada saat kegagalan listrik utama terjadi dalam ruangannya. Hal ini untuk memastikan bahwa berkas cahaya secara terus-menerus mengirimkan sinyal dan cahaya tetap terpancar. Sebuah bengkel kecil dan bangku juga terletak di sini.  Di bagian luar gedung pengunjung bisa menemukan ada “pintu hantu”. Pintu ini direncanakan dalam pembuatannya tapi tidak pernah selesai dan membuat penggunaannya menjadi tidak praktis. Dengan pemandangan di Pasifik, Norah Head Lighthouse juga menjadi lokasi pernikahan yang unik dan indah yang mencerminkan keindahan dan kegembiraan hari pernikahan para pengunjungnya.


Lokasi : Bush Street, Norah Head, New South Wales, 2263
Telp   : +61 2 4396 4102

 


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,