Courtesy of parkweb.vic.gov.au

Berekreasi menuju pantai selalu jadi pilihan menarik yang bisa pengunjung lakukan, jika pantai dirasa membosankan maka beralihlah untuk mengunjungi beberapa taman observasi lepas pantai yang menyajikan beragam keindahan dari flora serta faunanya. Dengan rockpools yang dekat dengan pantai, Ricketts Point Marine Sanctuary adalah tempat yang sempurna untuk memperkenalkan anak-anak mengenai hal – hal yang berhubungan denan keajaiban kehidupan laut bawah laut Victoria. Platform Sandstone, batu – batu karang yang berada di permukaan muncul saat laut surut adalah rumah bagi berbagai makhluk laut dan sangat baik untuk mengeksplorasi rockpool. Selama musim panas pantai ini dipatroli oleh klub penyelamat hidup, membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk tamasya bersama keluarga di musim panas. Terletak dekat Beaumaris di Melbourne selatan, memiliki area yang cukup luas sekitar 115ha. Berbatasan dengan tebing batu pasir yang menonjol dan merupakan serangkaian platform, gua-gua laut juga terumbu lepas pantai, situs ini mudah diakses untuk semua pengunjung dan tak ada batasan usia baik anak – anak maupun orang – orang berusia lanjut untuk mengunjunginya.

Tempat ini adalah tempat terbaik untuk menemukan berbagai habitat untuk mengeksplorasi kehidupan pantai juga laut termasuk batu pasir intertidal dan subtidal habitat berbatu, pantai berpasir dan substrat lunak subtidal. Dalam beragam habitat di situs ini, ada banyak tumbuhan dan hewan yang dapat ditemukan. Di dekat pantai, bongkahan batu besar ditutupi dengan ganggang hijau dan merah yang menjadi tempat penampungan berbagai hewan invertebrate atau hewan tak bertulang belakang  termasuk bintang ular, bulu cacing dan krustasea seperti udang maupun kepiting dan rajungan. Sekitar dasar berpasir ditutupi oleh bercak lamun atau lebih di kenal dengan rumput laut yang menarik berbagai jenis ikan kecil. Di perairan yang lebih dalam pengunjung bisa menyelam dan melihat apa saja yang tersembunyi di dalamnya seperti bommies batu dengan tumpukan Caulerpa hijau juga alga Sargassum, yang menyembunyikan banyak hewan kecil di dalam setiap helai daunnya. Batuan ini juga menarik bagi berbagai jenis ikan termasuk Southern Hulafish, scalyfin dan morwong.

Jika pengunjung perhatikan dengan teliti, pengunjung mungkin dapat menemukan salah satu hewan master menyamar mungkin pengunjung tak pernah melihat hewan sejenis ini namun para petualang laut pasti mengetahuinya atau hanya pernah mendengar namanya . Hewan ini merupakan hewan yang mampu mengubah warna dan tekstur kulit untuk menyembunyikan diri, bentuknya berjuntai seperti alga sehingga terkadang sulit ditemukan dan bersembunyi dibalik dedauan juga terumbu karang. Taman ini dapat dijangkau dengan perjalanan singkat dari Melbourne sekitar 20 menit berkendara dan mudah untuk mengakses melalui pantai atau perahu yang di dapatkan di titik Black Rock atau Mordialloc. Taman ini cocok untuk seluruh keluarga karena mudah untuk diakses dan menawarkan berbagai kegiatan seperti berenang dan rockpooling bisa juga mencoba diving atau snorkeling serta mengamati burung juga merupakan kegiatan yang sangat populer.


Lokasi : Beach Rd, Beaumaris, Victoria, 3193
Email: info@parks.vic.gov.au


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,