The Solitary Islands Marine Park 1Kunjungi gugusan pulau dengan keindahan taman bawah lautnya yang menakjubkan di The Solitary Islands Marine Park yang merupakan kawasan kaut lindung terbesar ketiga di New South Wales . Taman laut ini mencakup area seluas 71.000 hektar dan membentang sepanjang 75 kilometer dari pantai Coffs Harbour di utara ke Sanden River. Taman ini adalah rumah bagi keragaman besar kehidupan laut , dengan spesies flora dan fauna beriklim tropis , beriklim sedang dan sub – tropis. Di dalmnya melindungi banyak ikan , karang dan ganggang yang menjadi daya tarik utama bagi para penyelam . Signage menunjukkan di mana kegiatan khusus seperti diving , memancing dan mengumpulkan banyak kerang dapat pengunjung lakukan . Taman laut ini meliputi perairan pasang surut dari muara , pantai dan tanjung dalam batas-batasnya dan dilindungi oleh skema zonasi khusus yang dirancang untuk melindungi habitat ikan . Taman laut terdiri dari zona perlindungan dan area penggunaan umum meliputi 75 kilometer panjangnya. Taman laut ini juga memanjang dari selatan sungai Sandon hingga ke pulau Plover di utara. Taman laut menggabungkan muara ke batas pasang surut mereka yang juga memanjang hingga 3 mil di area perairan negara.  Pemerintah NSW membentuk Solitary Islands Marine Park pada tanggal 2 Januari 1998 dan menggabungkan semua perairan negara dari Solitary Islands Marine Reserve.

Taman laut ini menjadi habitat utama bagi banyak flora fauna yang tinggal dalam ekosistem muara, pantai berpasir, pantai berbatu intertidal, terumbu sub-tidal dan lautan terbuka. Para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari 550 spesies ikan karang, 90 spesies karang keras dan 600 jenis moluska (hewan bercangkang) tinggal di taman laut ini. Taman laut juga mendukung berbagai spesies yang terancam dan dilindungi seperti nurse grey shark, black cod, kura-kura, ikan paus, burung pantai dan ganggang laut langka.  Masyarakat Aborigin lokal Gumbaynggirr Nation memiliki hubungan budaya yang kuat dengan taman laut dan secara aktif terlibat dalam perencanaan konservasi. Pengunjung dan masyarakat setempat tetap dapat menikmati berbagai kegiatan rekreasi dan komersial di taman laut. Kegiatan yang paling populer adalah berenang dan berselancar atau pengunjung bisa ikut dengan nelayan untuk menangkap ikan di lautan bebasnya. Taman laut ini juga berbatasan dan menjadi bagian dari Yuraygir National Park yang bisa pengunjung jangkau dengan menelusuri jalanan Yuraygir Coastal Walk yang melintasi garis pantai yang dilindungi dan jalanan terpanjang di NSW. Berjalan melintasi dataran heathland, pantai berpasir yang panjang, sungai dan laguna, hingga tanjung berbatu. Kapal komersial penangkap ikan juga diijinkan beroperasi dari Coffs Harbour dan Clarence River dan mengakses taman laut.

Menyelam adalah hal yang tak boleh pengunjung lewatkan, nikmati kesempatan bertemu dengan penyu hijau (C helonia mydas ) salah satu dari tiga jenis kura-kura di taman laut. Atau menemukan Tiger anemon, Paus humpback ( Megaptera novaeangliae ) serta 90 jenis karang keras maupun karang lembut di taman laut.


Lokasi : Marine ParkOffice , 32 Marina Drive, Coffs Harbour , New South Wales , 2450

 


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,