Courtesy of visitnsw.com

Courtesy of visitnsw.com

Pengunjung tentu bisa mendapatkan banyak catatan dan sejarah menarik mengenai suku Aborigin, begitupun informasi tentang bagaimana cara mereka bertahan hidup dan bagaimana cara mereka melakukan upacara adat. Pengunjung bisa singgah di Aborigin Bora Ring yang merupakan salah satu dari beberapa tempat  upacara adat di kabupaten dan telah dipagari, tempat ini juga ditandai dengan papan keterangan. Upacara di tempat ini dianggap sangat signifikan terhadap orang Aborigin dan biasanya ditandai dengan Bora Ring . The Bora Ring adalah panggung persembahan yang diatur dalam lingkaran. Menurut sejarah tempat ini Cincin yang terakhir digunakan pada tahun 1800 yang terletak 15 kilometer di selatan dari Lismore pada Wyrallah Road. Kawasan ini merupakan tempat yang tenang dan berlokasi di samping pemakaman dengan pemandangan menarik dimana pengunjung bisa melihat Parrots Nest dan Blue Knob. Berada tak jauh dari Tucki Tucki Cemetery , sebuah situs upacara suci untuk suku Bundjalung daerah diperkirakan digunakan setidaknya selama tiga abad. Sebuah Bora adalah nama yang diberikan untuk upacara inisiasi penduduk asli Australia dan di situs tersebut, anak laki-laki mencapai status laki-laki. Upacara inisiasi berbeda dari budaya ke budaya, tetapi sering melibatkan sunat dan scarification, dan mungkin juga melibatkan penghapusan gigi atau sebagian dari jari. Upacara ini juga melibatkan pembelajaran lagu sakral, cerita, tarian, dan pengetahuan tradisional.

Banyak klan yang berbeda akan berkumpul untuk berpartisipasi dalam upacara inisiasi. Kata Bora awalnya berasal dari Tenggara Australia, tapi sekarang sering digunakan di seluruh Australia untuk menggambarkan situs inisiasi atau upacara. Tempat ini juga disebut Burbung dalam bahasa Darkinjung yang menempati bagian utara Sydney. Nama ini dikatakan berasal dari sabuk yang dikenakan oleh laki-laki. Munculnya situs bervariasi dari satu budaya ke yang lain, tetapi sering dikaitkan dengan pengaturan batu, ukiran batu, atau karya seni lainnya. Wanita umumnya dilarang memasuki bora. Bora ring biasanya terdiri dari dua kompleks yang memiliki dua atau tiga cincin dan dihubungkan oleh sebuah jalan atau jalur. Upacara yang diadakan di tempat ini juga diberi nama Sutton “upacara menjadikan manusia yaitu upacara inisiasi laki-laki”. Dalam literatur,  banyak sumber menemukan bahwa cincin besar di kompleks itu biasanya bagian dari upacara yang relatif umum, dengan perempuan yang melihat, cincin yang lebih kecil adalah tempat ritual inisiasi besar.

Salah satu Aborigin Bora Ring yang hingga kini masih terawat baik bisa pengunjung temukan di Wyrallah Road, Tucki Tucki, New South Wales.  Sejarah atau referensi lainnya untuk mendukung keberadaan upacara Aborigin bisa pengunjung temukan dalam catatan Frankel tahun 1982. Dalam banyak situasi, mereka bisa ditemukan di perbukitan, atau taji pegunungan. Mereka juga ditemukan di daerah dataran rendah, sering dekat dengan rawa-rawa. Aborigin Bora Ring di Tucki Tucki ini menjadi situs budaya Aborigin yang dulunya hidup dengan suara kegiatan keagamaan dan budaya lokal. Sekarang satu-satunya suara untuk didengar di sini adalah tonggeret, burung, dan lalu lintas .

Lokasi : Wyrallah Road, Tucki Tucki, New South Wales, 2480
Email: tourism@lismore.nsw.gov.au
Telp : 61 02 6626 0100
Faks: 61 02 6626 0106


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,