Courtesy of visitnsw.com

Courtesy of visitnsw.com

Australia menghargai banyak tempat bersejarah walaupun kini bangunannya sudah tak berbentuk lagi dan hanya berupa rerutuhan. Pengunjung bisa menemukan sisa sejarah yang menimpa Lake Innes House, tempat ini dulunya dihuni oleh Mayor Archibald Clunes Innes yang mempunyai ambisi untuk mengembangkan kawasan ini sebagai ladang bisnis, ia pikir Port Macquarie akan menjadi pintu gerbang ke pantai sekitar Hastings River dan wilayah New England. Hingga akhirnya ia membangun sebuah kompleks rumah besar dengan tenaga kerja narapidana, tetapi sang pendiri rumah ini akhirnya mengalami depresi pada tahun 1840-an. Hingga akhirnya rumah ini menjadi reruntuhan mengesankan seperti sekarang ini. Penggalian arkeologi telah dilakukan di sekitar rumah untuk mengetahui lebih lanjut tentang Innes dan rencananya. Lake Innes House dibangun dalam beberapa tahap dan tumbuh untuk mengasumsikan proporsi rumah terbaik yang dibangun di masanya. Tempat ini menjadi aset negara yang diabadikan dan memiliki reruntuhan luas dengan salah satu struktur bata tertua yang hingga kini masih bisa pengunjung temukan di bagian utara New South Wales. Tempat ini menyajikan bagian yang sangat penting dari sejarah narapidana Australia dan warisan kolonial di sekitar Port Macquarie.

Clunes Innes merupakan seorang perwira militer yang mengambil tanah di dekat Port Macquarie pada tahun 1830. Ia merancang pembangunan rumah dengan menggunakan teknologi terbaru hingga ia mulai membangun properti yang luas dan berharap bisa menghibur bangsawan kolonial dan menjadikan lahan ini sebagai pengembangan bisnis. Tempat ini dulunya mencakup rumah, kompleks, akomodasi pekerja, sebuah peternakan dan fasilitas pembuatan batu bata. Hingga pada tahun 1840-an Innes tenggelam dalam hutang tetapi ia terus meminjam uang untuk membiayai gaya hidup mewahnya. Pada tahun 1852, ia meninggalkan Lake Innes dan pergi ke Newcastle. Setelah kematiannya pada tahun 1857, properti tetap dirawat oleh keluarga, sebelum dijual pada tahun 1879. Pada tahun 1905 kebakaran melanda properti hingga menyisakan reruntuhan. Akhirnya sejak tahun 1993 sampai 2001, penyelidikan arkeologi dilakukan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengalaman orang-orang yang tinggal di Lake Innes Estate.

Bangunan ini menjadi sisa penting hari desain bangunan di jaman kolonial yang pernah menjadi kawasan bisnis utama di pantai utara NSW. Dibangun oleh Mayor Archibald Clunes Innes, berisi sejarah yang kaya tentang penyelesaian NSW, tenaga kerja narapidana dan budaya tahun 1800-an. Sebagai bonus tambahan, ia memiliki pengaturan yang sangat menarik dengan view ruangan menghadap Danau Innes. Saat ini, reruntuhan diklasifikasikan oleh National Trust of Australia (NSW) dan tur dapat dipesan melalui Port Macquarie Information Centre. Jika pengunjung memiliki kepentingan dalam sejarah Australia, pengunjung tentu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengambil tur dari situs menarik ini dan juga cocok bagi pengunjung dari segala usia.


Jam buka : Setiap hari,  10:00-16:00
Lokasi : The Ruins Way, Port Macquarie, New South Wales, 2444


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,