Courtesy of tripadvisor.com

Seni merupakan keindahan yang disukai sebagian besar orang, karya – karya besar yang diciptakan para seniman pemula maupun seniman internasional yang telah lama di abadikan dalam gedung – gedung seni bersejarah. Salah satu galeri yang berlokasi di kawasan 180 St Kilda Rd, Melbourne, Victoria yang berbatasan langsung dengan sungai Yarra dan menjadi lokasi terbaik untuk dikunjungi pada akhir pekan. Gedung ini dikenal dengan nama National Gallery of Victoria dan terletak di kompleks jantung seni dan budaya Melbourne, berada tak jauh dari  Federation Square dan The Ian Potter Centre. Lokasi ini mudah dicapai dengan menggunakan alat transportasi umum, pengunjung dapat menggunakan tram yang melewati rute Swanston Street maupun St Kilda Road  dengan memilih tram bernomor 1, 3, 5, 6, 8, 16, 64, 67 dan 72 dan turun di halte Precinct Arts. Pengunjung juga dapat memilih semua kereta dengan tujuan akhir Stasiun Flinders Street dan berjalan melintasi jembatan melewati Centre Arts Victoria untuk sampai di lokasi. Sebuah bangunan megah dengan dua ruang galeri yang memajang ratusan lukisan menarik di dinding – dindingnya. Setiap ruangan dihiasi lantai bertekstur kayu mengkilat dan berwarna coklat terang, antara satu ruang galeri dengan ruangan lain tak ada sekat yang membatasi dan terdapat sebuah kusen pintu terbuka yang menghubungkan keduanya.

Bangunan seni ini menampilkan karya – karya terbaik yang berasal dari seluruh dunia, baik seni dari belahan benua Eropa, Asia maupun Amerika. Sejak National Gallery of Victoria  dibuka di St Kilda Road pada tahun 1968, koleksi pajangannya hanya sekitar 35.000 lukisan dan sekarang telah bertambah  dua kali lipatnya menjadi lebih dari 70.000 karya seni. Sebuah bangunan yang menjadi ikon Melbourne ini, dibangun oleh arsitektur terbaik Grounds Sir Roy dan Mario Bellini. Sisi luar ruangannya berdesain balok – balok tinggi dengan warna dominan abu – abu,dilengkapi dengan sebuah tangga titian dan mengantarkan pengunjung menuju ruang galeri yang menjadi rumah bagi salah satu koleksi yang paling mengesankan di belahan bumi selatan. Bangunan ini memiliki puluhan koleksi luar biasa yang menggambarkan seni Adat suku asli Australia juga seni karya warga migran yang bukan merupakan penduduk asli Australia, ada pula lukisan kolonial Australia, lukisan impresionis Australia abad ke-20, seni Australia modern dan kontemporer dari periode kolonial hingga sekarang. Lukisan – lukisan ini merupakan karya dari para seniman lokal terbaik seperti Koleksi Australia termasuk karya-karya Charles Blackman, John Brack, Arthur Boyd, Louis Buvelot, Rupert Bunny, Nicholas Chevalier, Charles Conder, David Davies, William Dobell, Russell Drysdale, E. Phillips Fox dan beberapa seniman internasional termasuk karya-karya Bernini, Bordone, Canaletto, Cézanne, Constable dan Correggio.

Di beberapa hari khusus ada program pendidikan khusus didampingi oleh guide sukarelawan yang akan mengajak pengunjung berkeliling disekitar ruangan, biasanya guide ini merupakan para pakar seni yang sekarang telah lanjut usia. Karenanya, ia memiliki banyak pengalaman dibidang seni dan hampir hafal dengan sejarah dari gambar – gambar yang terpajang di dalam ruangan. Tak jauh dari lokasi pun terdapat beragam kafe dan rumah makan yang menyediakan beragam menu lezat serta nyaman untuk digunakan bersantai.


Jam Buka : Rabu – Senin, 10.00 -16.00
Lokasi  : 180 St Kilda Rd, Melbourne, Victoria, 3004
Telp     : 61 03 8620 2222


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,